Evaluasi Pembelajaran
apadefinisinya.blogspot.com
Berhubungan dengan evaluasi kurikulum yang telah diposting beberapa waktu kemarin akan dilanjutkan pada evaluasi pendidikan dan evaluasi pembelajaran yang mana uraiannya adalah sebagai berikut:
Evaluasi adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan nilai, kriteria-judgment atau tindakan.
- Evaluasi bertujuan membantu pemerintah dalam mencapai tujuan pembeljaran bagi masyrakat.
- Evaluasi adalah seni, tidak ada evaluasi yang sempurna, meski dilkukan dengan metode yang berbeda.
- Pelaku evaluasi atau evaluator tidak memberikan jawaban atas suatu pertanyaan tertentu. Evaluator tidak berwennag untuk memberikan rekomendasi terhadap keberlangsungan sebuah program. Evaluator hanya membantu memberikan alternatif.
- Penelitian evaluasi adalah tanggung jawab tim bukan perorangan.
- Evaluator tidak terikat pada satu sekolah demikian pula sebaliknya.
- Evaluasi adalah proses, jika diperlukan revisi maka lakukanlah revisi.
- Evaluasi memerlukan data yang akurat dan cukup, hingga perlu pengalaman untuk pendalaman metode penggalian informasi.
- Evaluasi akan mantap apabila dilkukan dengan instrumen dan teknik yang aplicable.
- Evaluator hendaknya mampu membedakan yang dimaksud dengan evaluasi formatif, evaluasi sumatif dan evaluasi program.
- Evaluasi memberikan gambaran deskriptif yang jelas mengenai hubungan sebab akibat, bukan terpaku pada angka soalan tes.
- Fungsi normatif : berfungsi untut perbaikan sistem pembelajaran
- Fungsi diagnostik : untuk mengetahui faktor kesulitan siswa dalam prose pembelajaran
- Fungsi sumatif : berfungsi untuk mengetahui tingkat kemampuan peserta didik
- Fungsi penempatan
- Objektif : sesuai dengan kemampuan siswa
- Kontinuitas : berkesinabungan
- Komperhensif : berkaitan dengan sikap nilai
- Praktis : praktis digunakan penidik dan peserta didik
- Akuntabilitas : tanggung jawab
Validitas : ketepatan Realibilitas : ketetapan Praktis Diskriminatif Bentuk evaluasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar