Evaluasi Pembelajaran

apadefinisinya.blogspot.com
Berhubungan dengan evaluasi kurikulum yang telah diposting beberapa waktu kemarin akan dilanjutkan pada evaluasi pendidikan dan evaluasi pembelajaran yang mana uraiannya adalah sebagai berikut: Evaluasi adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan nilai, kriteria-judgment atau tindakan.
  • Penilaian untuk menentukan kualitas
  • Pengukuran untuk menetukan kuantitas

    Evaluasi memiliki beberapa prinsip dasar yaitu ;
    • Evaluasi bertujuan membantu pemerintah dalam mencapai tujuan pembeljaran bagi masyrakat.
    • Evaluasi adalah seni, tidak ada evaluasi yang sempurna, meski dilkukan dengan metode yang berbeda.
    • Pelaku evaluasi atau evaluator tidak memberikan jawaban atas suatu pertanyaan tertentu. Evaluator tidak berwennag untuk memberikan rekomendasi terhadap keberlangsungan sebuah program. Evaluator hanya membantu memberikan alternatif.
    • Penelitian evaluasi adalah tanggung jawab tim bukan perorangan.
    • Evaluator tidak terikat pada satu sekolah demikian pula sebaliknya.
    • Evaluasi adalah proses, jika diperlukan revisi maka lakukanlah revisi.
    • Evaluasi memerlukan data yang akurat dan cukup, hingga perlu pengalaman untuk pendalaman metode penggalian informasi.
    • Evaluasi akan mantap apabila dilkukan dengan instrumen dan teknik yang aplicable.
    • Evaluator hendaknya mampu membedakan yang dimaksud dengan evaluasi formatif, evaluasi sumatif dan evaluasi program.
    • Evaluasi memberikan gambaran deskriptif yang jelas mengenai hubungan sebab akibat, bukan terpaku pada angka soalan tes.
    Evaluasi memiliki beberapa fungsi yaitu ;
    • Fungsi normatif : berfungsi untut perbaikan sistem pembelajaran
    • Fungsi diagnostik : untuk mengetahui faktor kesulitan siswa dalam prose pembelajaran
    • Fungsi sumatif : berfungsi untuk mengetahui tingkat kemampuan peserta didik
    • Fungsi penempatan
    Adapun prinsip prinsip evaluasi
    • Objektif : sesuai dengan kemampuan siswa
    • Kontinuitas : berkesinabungan
    • Komperhensif : berkaitan dengan sikap nilai
    • Praktis : praktis digunakan penidik dan peserta didik
    • Akuntabilitas : tanggung jawab
    Karakteristik alat ukur
  • Validitas : ketepatan
  • Realibilitas : ketetapan
  • Praktis
  • Diskriminatif
  • Bentuk evaluasi
  • Tidak ada komentar: