Edukasikan Media Kreatif, Binus Gelar "Provocative Day"
Senin, 18 Mei 2009 | 12:27 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Industri kreatif begitu menarik dan menantang, selain menjadi tren dan berpotensi besar sebagai profesi. Hal itu dikupas habis di Provocative Day with Binus International: Mengenal Bisnis Media Kreatif Lebih Dalam, di Kampus Binus, Sabtu (16/5).
Diselenggarakan di The Joseph Wibowo Center, Kampus Bina Nusantara, Jakarta, Provocative Day with Binus International: Mengenal Bisnis Media Kreatif Lebih Dalam menjadi rangkaian kegiatan lokakarya yang menarik dan cukup informatif.
"Khususnya bagi para pelajar dan anak muda yang saat ini tengah menggemari industri kreatif," tandas Sheila, Staf Media Relation Binus.Tidak heran, The Joseph Center hari itu diramaikan oleh sekitar 200 siswa SMU se-Jabodetabek. Menurut Sheila, yang menarik bagi pelajar tersebut dari kegiatan ini adalah topik-topik yang disajikan, seperti Creative Design, Editorial and Creative Writing, Media Promotion and Marketing, serta Media and Creative Business. Kehadiran pembicara seperti Faisal dan Jo dari PaperToys misalnya. Didampingi oleh perwakilan dari sivitas akademika Binus, Vera Jenny Basiroen, para pembicara menjelaskan latar belakang berdirinya PaperToys, karya-karyanya, dan cara pembuatannya. Mereka yang lebih menyukai tulis-menulis hari itu memilih kelas Creative Writing (Penulisan Kreatif). Kegiatan dipandu oleh Aulia Halimatussadiah dari Kutubuku.com dan Sesa Nasution dari Agent Provocateur.
"Selain diberi pelatihan tentang membuat blog, mereka juga diajarkan membuat tulisan-tulisan feature yang kreatif dan menarik," terang Sheila.Tak puas dengan tulisan feature, para peserta masih antusias mengikuti materi lain seputar tulis-menulis. Kali ini, materinya adalah Journalism and Editorial yang cukup menarik dibawakan oleh Risyana Mutia, Agent Provocateur. Semakin hangat, tema lokakarya yang tidak lepas dari antusiasme para pelajar adalah pembuatan program dan pergelaran di kelas Media Promotion and Marketing. Materi diberikan oleh Tesza Tamam dari NuBuzz Network. Di kelas ini, para pelajar diberikan pengetahuan mengenai perencanaan branding, positioning, dan targeting yang tepat. Sementara itu, di kelas lainnya, yaitu Media and Creative Business, dipenuhi oleh para pelajar yang rata-rata berminat tinggi terhadap bidang hiburan, khususnya musik. Sebagai pembicara, Daniel Tumiwa, dari Nubuzz Network, mengupas soal seluk-beluk industri kreatif di dalam industri musik saat ini.
"Kami berharap para pelajar menjadi lebih kreatif dan dapat langsung mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan dari para pembicara yang memang praktisi ahli di bidang masing-masing," kata Sheila.Tidak hanya kegiatan serius dalam suasana santai di kelas-kelas lokakarya, acara juga diramaikan dengan beberapa eksibisi dan hiburan seperti Arts of Provoke!, LomoWall by Lomonesia, PaperToys by Salazad dan Lemi Papertoys, Kompetisi Desain dan Ilustrasi, Kompetisi Blog Mini, serta musik akustik dari Ballads of the Cliche.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar